Penulis : Adika Mianoki
Judul Buku : Jawaban 3 Pertanyaan Kubur
Kode Buku : J3PK
Ukuran : 23,5 x 15,5 cm
Jumlah halaman : 312 halaman
Penerbit : Pustaka Muslim Yogyakarta
Harga : Rp 50.000,00

Di antara pertanyaan yang akan ditanyakan oleh dua malaikat di alam kubur adalah pertanyaan tentang siapa Rabb-mu, apa agamamu, dan siapa nabimu. Tiga pertanyaan yang merupakan landasan pokok dalam agama. Pertanyaan yang tampaknya mudah, namun tidak sedikit yang tidak mampu menjawabnya di alam kubur kelak. Hanya orang-orang yang diberi taufik oleh Allah saja yang mampu menjawabnya. Yaitu orang-orang yang benar-benar mengilmui tentang Rabbnya, agamanya, dan rasulnya, serta mengamalkan konsekuensi dari ilmunya tersebut.

Adapun orang-orang yang tidak pernah memahami tiga landasan pokok tersebut dan tidak pernah mengamalkannya, mereka tidak bisa menjawabnya. Hal ini sebagaimana disebutkan dalam shahihain dan yang lainnya dari Sahabat Al-Bara’ bin ‘Azib radhiyallahu ‘anhuma tentang pertanyaan kepada mayit di kubur mengenai tiga landasan pokok, Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Adapun orang mukmin maka Allah meneguhkannya dengan jawaban yang pasti. Sementara orang munafik dan orang-orang yang ragu maka dia akan mengatakan: “Ha…ha.., aku tidak tahu. Aku mendengar orang-orang mengatakan sesuatu lalu aku ikut mengatakannya.Lalu ia dipukul dengan besi dan jeritannya bisa didengar oleh seluruh makhluk kecuali manusia. Seandainya manusia mendengarnya, dia akan pingsan

Merupakan kebutuhan yang sangat penting dan mendesak bagi seorang muslim untuk mengenal tiga landasan pokok tersebut, yang merupakan tiga pertanyaan kubur. Di antara kitab dasar yang membahas tentang landasan agama yang cukup penting adalah Kitab Tsalatsatul Ushul (tiga landasan utama). Kitab tersebut merupakan salah satu karya Syaikh Muhammad At-Tamimi rahimahullah yang menjelaskan tentang tiga landasan pokok dalam agama, yaitu mengenal Allah, mengenal agama Islam, dan mengenal Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam.

Kitab Tsalatsatul Ushul mengandung pelajaran-pelajaran yang sangat penting dan mendasar sehingga dengan memahami dan mengamalkannya seseorang akan menjadi muslim yang mentauhidkan Allah dalam segala sisi kehidupannya. Kitab yang cukup ringkas, namun isinya sangat penting. Para ulama menasehati kaum muslimin untuk memulai pengajaran tauhid dengan mempelajari kitab tersebut. Dan kami berusaha menyebarkan buku ini dengan pembahasan yang lebih mudah dan lebih tersistematis. Semoga dengan terbitnya buku ini akan lebih memudahkan kaum muslimin untuk memahaminya….

2 thoughts on “Buku Islam: Jawaban 3 Pertanyaan Kubur (Edisi Revisi)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *